TELEMATIKA

Senin, 03 Oktober 2011

Definisi
Telematika mencakup dua teknik yaitu, Telekomunikasi dan Infomatika. Oleh karena itu, Telematika merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk jarak jauh dengan menggunakan media elektromagnetik karena penggabungan antara teknologi, media dan informatika tersebut akan menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan.

Contoh Telematika
Dalam penerapannya dapat dilihat sudah banyak contoh-contoh telematika yang berkembang, seperti contoh dibawah berikut ini :
  • E-Goverment : merupakan wadah/tempat yang dibuat untuk administrasi yang berjalan pada pemerintahan. Dapat digunakan untuk peningkatan interaksi antar pemerintah dan masyarakat, serta pelayanan publik yang lebih mudah dan dapat di akses dimana saja dan kapan saja. 
  • E-Learning : merupakan sistem pembelajaran dengan berbasis online pada media internet, media web atau situs. ini akan mempermudah para siswa ataupun mahasiswa melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirimkan tugas yang dapat dilakukan dimana saja. 
  • E-Commerce : merupakan cara berbisnis transaksi jual beli secara online. Semua proses transaksi perdagangan seperti memasang iklan pada berbagai situs atau web, mentransfer uang, membuat pesanan, mengirim dokumen sampai membuat claim  dapat dilakukan secara elektronik.

Perkembangan Telematika
Pada perkembangannya teknologi berkembang sangat cepat, dapat dilihat pada semakin cepat bergantinya alat komunikasi seperti Handphone saat ini. Ini dikarenakan bukan pada dasarnya saja melihat bahwa manusia itu tidak akan pernah puas dengan apa yang sedang berjalan saat ini, begitupun dengan perkembangan telematika di Indonesia saat ini yang tidak mau tertinggal oleh bangsa lain. 
Dengan dukungan dari pemerintah serta industri dan pengaruh asing sangat mempunyai peranan penting bagi perkembangan telematika di Indonesia yang mengalami peningkatan sejalan dengan inovasi teknologi yang terjadi. Telematika di Indonesia memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya.












0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts