Analisis Yahoo! Messeger dengan Skype

Rabu, 19 Oktober 2011

1.     ABTRAKSI
Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari atau kepada orang lain. Kebutuhan untuk mendapatkan informasi semakin meningkat, sehingga manusia membutuhkan alat komunikasi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Dan dijaman modern ini telah banyak alat-alat komunikasi modern yang bias membantu mempermudah komunikasi seperti halnya aplikasi chatting yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Aplikasi chatting tersebut juga dapat digunakan melalui personal computer maupun handphone yang mungkin lebih praktis. Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo! sedangkan Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer).

2.     LATAR BELAKANG

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari atau kepada orang lain. Kebutuhan untuk mendapatkan informasi semakin meningkat, sehingga manusia membutuhkan alat komunikasi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun mereka berada. Komunikasi massa adalah penyebaran pesan dengan menggunakan media yang ditujukan kepada massa yang abstrak, yaitu sejumlah orang yang tidak tampak oleh sang komunikator. Pembaca surat kabar, penonton televisi dan film, pendengar radio, tidak tampak oleh si penyampai pesan. Dengan demikian, maka jelas bahwa komunikasi massa atau komunikasi melalui media massa bersifat “satu arah”. Begitu pesan disampaikan oleh komunikator, tidak diketahui apakah pesan itu diterima, dimengerti, atau dilakukan oleh khalayak.
Dan dijaman modern ini telah banyak alat-alat komunikasi modern yang bias membantu mempermudah komunikasi seperti halnya aplikasi chatting yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Aplikasi chatting tersebut juga dapat digunakan melalui personal computer maupun handphone yang mungkin lebih praktis.



3. TINJAUAN PUSTAKA

3.1.      Yahoo! Messenger
Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo! . Yahoo! Messenger salah satu aplikasi yang Open Source dan dapat diakses dengan menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! Lainnya seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat e-mail.
Yahoo! Messenger telah menjadi alat komunikasi online dan populer, memungkinkan semua pengguna Yahoo! dapat berbicara satu sama lain melalui layar computer yang terhubung dengan jaringan internet. Para pengguna dapat berbicara pada waktu yang sama dengan mengetikkan teks pada keyboard. Setiap pengguna dapat chating secara pribadi dengan pengguna lain, dengan membuka pop up. Pengguna juga dapat masuk ruang Yahoo!  chat dan melihat apa yang dikatakan semua orang disana.

3.1.1.   Sejarah
Yahoo pertama kali didrikan secara tidak sengaja oleh dua orang mahasiswa Ph.D Teknik Elektro di Stanford University, bernama David Filo and Jerry Yang. Jerry Yang sendiri sebenarnya merupakan asli orang Thailand yang belajar menuntun ilmu di Amerika. Pertemuan keduanya pada Februari 1994 membuat mereka menyadari kesamaan minat mereka pada dunia Internet saat itu. Selama menempuh pendidikan di Stanford University ini mereka berdua banyak menjelajahi internet untuk mengumpulkan bahan-bahan kuliah dan disertasi mereka.
Setelah sekian lama, mereka merasa bahwa data-data dan informasi  yang mereka kumpulkan sudah terlalu banyak dan luas. Saat itulah mereka mulai membagi-baginya dalam kategori-kategori. Dari semua kategori yang ada, mereka pecah lagi menjadi sub-sub kategori. Dan dari sinilah mereka mulai memikirkan sebuah konsep yang terlahir dari kebutuhan mereka untuk mengatasi semua masalah mereka selama ini, mulai dari pencarian data hingga pengorganisasian data-data tersebut. Konsep inilah yang nantinya akan menjelma menjadi Yahoo. Namun saat pertama kali mereka membangun situs web, nama yang mereka pakai adalah ‘Jerry and David’s Guide to the World Wide Web’. Setelah itu baru mereka berganti nama menjadi Yahoo yang berasal dari sebuah akronim “Yet Another Hierarchical Officious Oracle“. Namun menurut mereka berdua, alas an utama memilih nama Yahoo adalah karena definisi umum dari Yahoo itu sendiri yang berarti ‘rude, unsophisticated, uncouth’.

3.1.2.   Fitur Emoticon pada Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger dijalankan oleh IRC (Internet Relay Chat) yang berarti bahwa pengguna dapat melakukan konferensi atau berbicara dengan cara yang sinkron. IRC dianggap sebagai protocol terbuka yang meliputi menggunakan TCP dan TLS. Yahoo! Messenger terus berkembang dengan menawarkan pengguna yahoo kesempatan untuk chatting dengan pengguna lain dalam berbagai kelompok usia, latar belakang budaya yang berbeda, hobi yang berbeda dan lain sebagainya.
Banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh Yahoo! Messenger dan mempunyai fungsi masing-masing diantaranya seperti dibawah ini :
·         Emotikon : Ekspresikan perasaan dengan animasi wajah.
·         Audibel : Mengirim karakter animasi yang bisa berbicara untuk menghidupkan percakapan.
·         IMVironment : Hidupkan suasana dengan latar belakang bertema yang interaktif di jendela percakapan.
·         Webcam : berbagi video secara live.
·         Transfer file : kirim file dengan cepat sambil ber-YM.
·         Yahoo! Search: Mulai pencarian di web langsung dari jendela Yahoo! Messenger Anda.

  

3.2.         Skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost(P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.

3.2.1.                       Fitur Skype
Skype memiliki banyak kelebihan dari fitur-fitur yang disediakannya, berikut fitur-fitur yang ada pada skype:
  • Skype calling – Skype memiliki banyak fitur dalam ordinary phone sehingga itu menjadikan lebih mudah untuk mengatur dalam hal pemanggilan.
  • Video calling – melihat dengan siapa berbicara pada waktu yang sama.
  • Add Skype dan kontak SkypeOut - menambah kontak untuk seseorang yang menggunakan Skype dan yang menggunakan ordinary phone sehingga dapat melakukan pemanggilan kepada banyak orang.
  • Organising groups – kontak sebuah group/kelompok disertai nama dan membagi kepada mereka nomor kontak sehingga mereka dapat berbicara juga.
  • Basic chat dan emoticons – digunakan ketika tidak dapat melakukan pemanggilan, chat atau Instant Message (IM) dengan mudah saat berkomunikasi dengan orang lain.
  • Group chat – digunakan ketika melakukan chat atau Instant Message (IM) kepada semuat teman lebih mudah pada waktu yang sama.
  • Profile settings – merubah bagaimana muncul ke dunia dan bagaimana orang mengetahui tentang kita.
  • Conference calling – berbicara kepada seluruh teman pada waktu bersamaan.
  • Import contacts – pencarian pada address book untuk menemukan teman dan keluarga yang memiliki sebuah nama Skype dan memulai melakukan pembicaraan secara gratis.
  • View Outlook contacts – lihat dan pemanggilan Microsoft Outlook secara cepat dan langssung dari daftar kontak Skype.
  • Quickfilter dan Speed-Dial – menemukan kontak Skype, chat dan kontak SkypeOut secara cepat dan lebih mudah, kemudian memasukan nama Skype mereka untuk proses pemanggilan kembali secara cepat.



4.     PEMBAHASAN


4.1.      Analisis Tampilan

Melihat dari tampilan Yahoo! Messenger dengan Skype keduanya memiliki tampilan yang cukup menarik untuk sebuah aplikasi chatting. Dalam upgrade  terbarunya Yahoo! Messenger 11 memiliki tampilan lebih variasi warna dan tampilannya sederhana sehingga mudah dimengerti sedangkan pada Skype memiliki tampilan yang kompleks karena terdapat banyak menu-menu.


Berikut perbandingan gambar :













4.2.      Analisis Fitur

Dari segi fitur Yahoo! Messenger lebih banyak mempunyai fitur-fitur yang lengkap daripada skype. Berikut fitu-fitur yang ada pada kedua aplikasi chatting tersebut:

Yahoo! Messenger
Skype
Emotikon
SkypeOut
Audibel
SkypeIn
IMVironment
Video Call
Webcam
Conference calls
Transfer File
File Sharing
Yi! Updates
Instant Messaging
Berbagi foto
Text Messaging
Pengaturan Privasi
Voice Mail
SMS
Basic chat dan emoticons
Voicemail
Organising groups
Yahoo! Search
Import contacts
Skin
Profile Setting
Yahoo! Games
Quickfilter dan Speed-Dial
Efek dan trek suara
View Outlook contacts

Sebenarnya fitur pada YM masih lebih banyak lagi dari skype, ini menjadi kelebihan YM dalam memberikan layanan chattingnya dibanding Skype. YM mempunyai fitur lengkap yang akan memanjakan para penggunanya tetapi tidak menutup kemungkinan untuk Skype dapat mengUpdate lebih banyak lagi fitur-fiturnya. Pada YM pengguna lebih banyak menggunakan fitur Chatnya karena lebih mudah dan banyak variasi emoticon, sedangkan pada Skype kebanyakan pengguna lebih banyak memakai video call atau webcam untuk berkomunikasi.



4.3.      Analisis Gambar dan Suara

Selain tampilan dan fitur-fitur analisis selanjutnya dalam segi kualitas gambar dan suara ada perbandingan antara Yahoo! Messenger dengan Skype.


Yahoo! Messeger
Skype
Gambar
Memiliki kualitas gambar yang cukup bagus.
Memiliki kualitas gambar yang bagus.
Suara
Suara yang dihasilkan mempunyai kualitas yang cukup bagus. Tetapi terkadang putus-putus.
Suara yang dihasilkan mempunyai kualitas yang cukup bagus.

Dapat dilihat dari hasil diatas, Skype lebih unggul dalam hal kualitas gambar dan suara dibanding Yahoo! Messenger. Ini dapat terlihat juga dari banyaknya pengguna yang lebih memakai Skype untuk webcam dan video call.




5.     KESIMPULAN

Dari analisis diatas tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi chatting Yahoo! Messenger dan Skype sekarang ini banyak digunakan. Dan aplikasi chatting tersebut ada yang mempunyai kelebihan dan kekurangannya, seperti pada Yahoo! Messenger mempunyai kelebihan pada fitur-fitur yang disajikan oleh Yahoo! sedangkan pada Skype mempunyai kelebihan pada kualitas gambar dan suara pada saat webcam dan video call.






 3.     DAFTAR PUSTAKA








0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts