Belajar Linux with C

Jumat, 07 Oktober 2011

Disini saya akan mencoba sedikit tutorial untuk belajar linux dengan bahasa C, sebelum belajar pemprogramannya kita akan membahas dulu apa itu Linux?
Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, linux juga termasuk dalam open source. Linux with C yaitu belajar bahasa C pada linux, bahasa C selain dapat dijalankan pada sistem operasi windows tapi dapat juga pada sistem operasi linux. Dan untuk menulis program atau source codenya kita menggunakan vi editor
Sebelum kita mengetahui bagaimana membuat sebuah program dengan linux with C, mari kita mengetahui perintah-perintah dasar yang digunakan.

Perintah dasar pada vi editor :
Vi namafile.c : untuk membuat file baru
:wq                                            : untuk menyimpan dan keluar
:w                                              : untuk menyimpan saja
:q                                               : untuk keluar tanpan menyimpan
Gcc namafile.c –o namafile baru : untuk compiler program
./namafilebaru                            : untuk running program

Setelah kita mengetahui perintah-perintah dasar yang akan digunakan pada text editor, sekarang kita buka console yaitu diterminal pada linux kalau di windows itu sering kita sebut command promt. Disini saya menggunakan linux kuliax.

  • Pada console pertama-tama kita ketik vi namafile.c untuk membuat file baru contoh vi latihan.c kemudian tekan enter maka akan masuk ke text editor kemudian ketikan program sederhana seperti dibwah ini, sebelumnya tekan insert pada keyboard agar text editor dalm mode tulis:


                                        #include
                                        main() {
                                        printf (“Belajar Linux with C”);
                                        return 0;
                                        }

        Program diatas merupakan program sederhana yang akan menghasilkan output berupa kalimat “Belajar Linux with C”. 


  • Setelah program diketikkan pada text editor untuk menyimpan file kemudian kembali k console untuk di compile tekan ESC kemudian ketikan :wq dan enter. 
  • Tampilan akan kembali ke console untuk mengcompile ketikkan gcc namafile.c –o namafile baru contoh gcc latihan.c –o latihan1 tekan enter. Apabila tidak ada lagi warning eror maka program tersebut telah berhasil di compile. 
  • Selanjutnya kita running program tersebut dengan perintah ./namafile baru contoh ./latihan1 tekan enter. Bila berhasil tampilan output akan muncul yaitu “Belajar Linux with C”. 
Apabila masih ada eror pada saat mengcompile kita bias mengeditnya dengan cara kembali ke text editor dengan perintah vi namafile.c yang tadi kita buat.

okey, sekian dulu tutorial membuat program sederhana pada linux with c. Semoga postingan saya ini bisa bermanfaat dan berbagi ilmu :D. postingan selanjutnya insya allah kita akan berlanjut pada program kondisi.

1 komentar:

  • Unknown says:
    12 Maret 2012 pukul 05.58

    gan kalo download softwarenya dimana???

Posting Komentar

Popular Posts